(Sok) Bicara Keuangan

Kalo ada yang bilang hidup itu lebih mudah saat Apel sama Blackberry hanyalah sekedar buah, rasanya bener banget ya. Jaman sekarang informasi bisa demikian cepat tersebar luas, bahkan dalam hitungan detik. Baik dari facebook, twitter, socmed2 yang banyak menjamur, bahkan dari BBM.

Nah, sejak menggunakan yg namanya BB, masuk ke dunia twitter, update berita tiap hari. Memfollow banyak orang yang mencerahkan timeline. Mulai dari yang konyol, yang pinter2 dari dunia kesehatan, financial planner, parenting, politik, olahraga semua lengkap di timeline. Sedikit banyak mempengaruhi cara berfikirku. Apalagi setelah memfolow perencana keuangan handal macem @mrshananto, @ahmadgozali, @safirsenduk ditambah memfolow emak2 yang juga lagi ribet mikir2 keuangan keluarga. Huft. Jadi mulai mikirin perencanaan keuangan keluarga deh *emak2gampangterpengaruh*. Hihihi, gapalah terpengaruh toh kearah yang lebih baik insyaAllah.

Ditambah lagi bulan Januari lalu sempet ikut Seminar Investasi Emas by Ahmad Gozali dari Safir Senduk dan Rekan. Makin belingsatan deh akunya, secara aku sadar betul kalo keuangan keluarga kecil kami ini masih berantakan banget dan cashflownya rada2 grey area gitu. Bisa dibilang kadang heran koq duit gaji cepet banget abis dan abisnya kemanapun ga tau. Parah banget kan? Hiks *tutupmuka*

Jadi, mumpung masih semangat2 banget mau insyaf, udah diniatin lah harus lebih pinter ngatur keungannya. Bismillah. Doakan saya yah *grin*

Rencana awal yang mau ditata dari keuangan kami antara lain :

1. Pengeluaran Bulanan

Untuk kebutuhan rumah tangga, kayak sembako, bayar listrik, pulsa, nanny dan art. Termasuk pengeluaran bulanan untuk zakat penghasilan. Semua harus dicatat dan ga boleh lebih dari nominal yang udah dipatok. Harus disiplin cuma pake satu ATM untuk pengeluaran ini.

2. Dana Pendidikan Aqeela
Awalnya udah buka Tabungan Investa Cendikia di Syariah Mandiri tapi baru juga sebulan, pak Suami menitahkan untuk tutup ajah. Karena tabungan pendidikannya akan dialihkan kalo ga invest emas ya reksadana. Sementara blom jelas dan ngerti betul sama reksadana, kayaknya mau autodebet sendiri dari tabungan ke tabungan lain khusus untuk ini. Rencana nyiapin untuk PGnya Aqeela aja dulu, untuk SD, SMP, SMA dan Kuliah nanti insyaallah sambil jalan aja.

3. Dana Pensiun

Sejauh ini masih mengandalkan tunjangan pensiun dari kantor aja. Kedepan mau bikin reksadana juga kayaknya. Masih menimbang2.

4. Cicilan Hutang

Alhamdulillah cicilan hutang ga lebih dari 30% penghasilan (seperti yang disarankan para finnacial planner) dan target lunas 2 tahun lagi atau lebih cepet. Aamien

5. Dana Darurat

Idealnya, lagi2 menurut para finplanner, untuk keluarga kecil dengan 1 anak harus punya cadangan dana darurat berkisar 6-9x pengeluaran perbulan. Nampaknya harus lebih giat nabung sampe dana darurat ini ideal *menghelanafas*

6. Investasi

Kalo menurut @ahmadgozali dan @endykurniawan seh, yang gampang dan lowrisk seh investasi sepanjang zaman itu emas, yang berbentuk logam mulia ya, bukan perhiasan. Tapi beberapa hari ini sempet nyasar ke blog emak2 cihuy yang ngebahas tentang Reksadana. Ehmmm, menarik siy tapi perlu dimengerti lebih lanjut nih sebelum melangkah. PR deh.

7. Dana Liburan

Setahun belakangan aku sengaja alokasikan sedikit gaji bulanan untuk dana liburan dengan cara auto debet dari Rencana Mandiri. Mudah2an cukup deh buat minimal setahun sekali liburan. Karena jaman sekarang liburan ini bukan cuma sekedar gaya hidup tapi udah sampe ke tahap kebutuhan menurutku. Tujuannya seh yah mengembalikan semangat kerja, refresh otak juga biar ga butek liat komputer mulu. Target liburan juga ga muluk2 lah, masih dalam negeri aja. Mikir budget juga soalnya. Kecuali nanti kalo ada rezeki nomplok pengennya ke negeri tetangga kayak Thailand atau Singapore, Malaysia seh ga pengen. Hihihi *efeksakithati*.

8. Lain-lain

Kayak kebutuhan jangka panjang untuk ganti mobil, tabungan haji, investasi properti (rumah dan tanah). Masih bingung nih mau dari mana nyisihin uangnya. Hahaha.

Satu lagi, sekarang selain fokus ke dana pendidikan aku juga lagi fokus nyari asuransi jiwa murni untuk aku dan suami. Baru sampe tahap survey dan membandingkan yang mana Uang Pertanggungannya paling banyak dan premi paling kecil *emakiritgamaurugi*.

Sepertinya lumayan banyak PR yang harus disusun, sementara 2 minggu lagi Aqeela mulai MPASI dan menunya belom selesai disusun *mendadakmules*. Ga mau ngoyo dan maksain diri seperti kata @YuliaMamaHayla dan @Hildayie, satu2 aja dulu. Oke deh, sementara ini yang lebih mendesak dulu yang dikerjain. Sambil komatkamit juga nih, semoga kekejer antara waktu nabung sama target yang mau dicapai. Aamien.

Comments

  1. Tossss :))

    kondisi keuangan ku jg morat marit. Terlena banget deh sama gaji, sampe lupa nabung. Aku juga berjanji pada diri sendiri utk memperbaiki diri sejak tahun ini. Bismillah sama2 yuk :))

    *mommy kirara*

    ReplyDelete
  2. hihihi. makin banyak baca2 and makin banyak tau idealnya gimana menurut para finplanner itu, aku makin pening li campur panik.

    iya, pelan2 aja deh yang penting harus tau dulu aja targetnya dan arahnya kemana. BIsmillah.

    Amien, yok sama2 saling mengingatkan ya kita...
    ;)

    salam dari Aqeela buat Kirara :*

    ReplyDelete
  3. waduh.... gitu yah klo rumah tangga... tapi bagus tu.. perencanaan.. ada perencanaan berarti siap dengan kondisi terburuk sekalipun

    salam kenal ya ^_^

    blognya kita follow...
    klo sempat follow balik heheh....

    ReplyDelete
  4. iyaaaa, lagi belajar2 bikin perencanaan nih, supaya ketauan lari kemana aja uangnya hehehe...

    salam kenal juga :)
    makasih udah mampir..

    ReplyDelete

Post a Comment

Stop by, and leave your comments! Thankyouuu :*

Popular posts from this blog

Puree Pepaya Alpukat

Assyifa's Born Day

Shopping Perlengkapan Baby Arrazaq, Session 1