Roti Kukus


Pulang kantor ga ada cemilan padahal perut laper, sementara makan nasi blom pengen. Keinget roti kukus buatan Ibu yang endang bambang, minta contekan resepnya deh by phone.

Untuk bahan2nya ga ada takaran pasti ya, semua serba dikira2, secara Ibupun ngasih resepnya pake takaran kira2 juga. Tapi hasilnya lumayan koq untuk dijadiin cemilan, ga mengecewakan :)

Bahan adonan :
2 btr telur (kuningnya saja)
1 sdm pengembang kue (aku pake fermipan 1 bks)
3 sdm mentega (aku pake blueband)
3 sdm gula pasir
1 cangkir kecil air hangat
Terigu secukupnya

Bahan isi :
Keju cheddar parut secukupnya
Meses ceres secukupnya

Cara membuat :
Campur telur, gula pasir, pengembang kue, mentega dan air hangat. Aduk sampai tercampur, tambahkan terigu sampai adonan kalis dan tidak lengket ditangan. Diamkan adonan sampai mengembang, tutup menggunakan kain bersih. Setelah mengembang, bentuk sesuai keinginan. Gampangnya seh bentuk bulatan2 aja ya, terus isi deh pake keju parut plus meses. Diamkan roti yang sudah dibentuk sampai mengembang lagi. Lalu kukus sampai matang (kurleb 10-15menit). Jadi deh roti kukusnya.

Fyi, adonan roti kukus ini bisa juga untuk adonan donat lho. Jadi tinggal dibentuk kayak donat aja, terus digoreng dan dikasih toping. Atau mau dijadiin roti gorengpun bisa. Untuk isi sebenernya resep aslinya pake gula kelapa, tapi karena dirumah adanya keju sama meses, wess pake itu deh.

Bocoran dikit nih, kemaren aku buat sesuai resep diatas, rasa rotinya agak kurang manis dan kurang gurih, jadi untuk penyuka manis gulanya silakan ditambah plus kuning telur dan menteganya juga. Ibuku bilang seh, makin banyak mentega sama telur makin enak :D


Cheers,

irma novianti | bunda Aqeela
http://arrazaqsfamily.blogspot.com/
@mrsarrazaq

Comments

  1. coba dikirim sini dulu, dicobain beneran enak apa ga. :-D

    ReplyDelete
  2. boleeee, tapi barter sama rendang yaa.. hehe *gamaurugi*

    ReplyDelete

Post a Comment

Stop by, and leave your comments! Thankyouuu :*

Popular posts from this blog

Puree Pepaya Alpukat

Assyifa's Born Day

Shopping Perlengkapan Baby Arrazaq, Session 1