Friday, 21 May 2010

Kenapa dipanggil 'Abang?'

Mungkin orang2 akan nanya gitu kali ya kalo tau baby Arrazaq ini kami panggil Abang *huaaahaha GR*. Soalnya baby Arrazaq ini memang wajarnya dipanggil 'Mas' atau 'Kakak'. Mas, karena aku memang keturunan Jawa dan panggilan Mas itu memang biasa dipake untuk anak cowok yang lebih tua. Nah kalo Kakak, ini sebenernya panggilan yang paling wajar karena suami memang asli orang Palembang dan keluarga suami dan keluargaku pun memang tinggal di Palembang dan Baturaja (4 jam dari Palembang). Tapi oh tapi, kenapa panggilan yang dipilih malah Abang?

Yak, karena dari USG sejak bulan ketiga kehamilan, Dr. Oky udah bilang kalo baby Arrazaq ini insyaAllah cowok. Jadi panggilannya yah dibiasain manggil pake panggilan cowok. Kami pake lah panggilan Abang ini. Pertama, karena kami memang tinggal di Sumatera Utara yang kebanyakan orang2nya orang Melayu yang kalo manggil laki2 yang lebih tua dengan 'abang' dan perempuan yang lebih tua dengan 'kakak'. Terus, ada sedikit kekhawatiran kalo dipanggil Kakak (seperti panggilan untuk anak cowok di Palembang) nanti malah rancu antara manggil cewek atau cowok. Karena pemakaian panggilan Kakak di Medan dan sekitarnya ini kan untuk anak cewek. Selain itu, baby Arrazaq ini kan insyaAllah akan jadi anak pertama kami, jadi wajarlah dipanggil gitu soalnya kan kami masih ngarepin dia punya adik. InsyaAllah, Aamien. So, jadilah Baby Arrazaq ini kami panggil Abang.

Padahal nih ya, eyang putrinya maunya manggil dia Mas. Eh akunya koq malah males yak kalo mesti manggil Mas. Kesannya koq anakku ini tuaaaa banget. Padahal kan lahir aja belom. Kayaknya lebih sreg manggil Abang deh, lebih macho gitu. Hahaha. Untungnya untuk urusan manggil Abang ini, suami ga protes. Tumben kompak nih Aby sama Bunda. Gitu dooong. Eh, Baby Arrazaq gimana? Seneng kan nak dipanggil Abang? :D:D

4 comments:

  1. apapun panggilannya.. siapkan sebuah nama yang indah untuknya.

    apapun panggilannya.. semoga selama di kandungan sehat... ketika persalinan juga sehat dan normal...

    amiiiiiin

    ReplyDelete
  2. iya neh tante, PR banget nyiapin nama. Tapi pelan2 mudah2an dapet yang klop dan indah sesuai doa Aby dan Bundanya. Aamien.

    ReplyDelete
  3. Wah tidak apa2 bu dipanggil abang, kan orang Indonesia, hehe..

    Dalam bahasa indonesia, Abang adalah panggilan resmi/nasional untuk laki-laki yg lebih tua apapun sukunya. sedangkan kakak adalah panggilan untuk perempuan yg lebih tua apapun sukunya.

    Kedua kata ini (abang-kakak) berasal dari bahasa melayu yg merupakan bahasa yg menjadi bahasa indonesia saat ini. memang sih, awalnya bahasa ini dipakai di area sumatra dan kalimantan saja yg banyak org melayu. Tp presiden sukarno dan kementriannya menentukan bhs melayu sebagai bhs indonesia krn bhs ini yg sudah menyebar luas sampai timur indonesia. Ya, bahasa indonesia yg ditetapkan di sumpah pemuda 1928 pun awalnya berasal dari bhs melayu :)

    ReplyDelete
  4. Haiii makasih pencerahannyaaa, iya nanti kalo ada ank cowo pengennya di panggil Abang, tapi karena yang pertama itu cewek jadinya dipanggil kakak deh hehehe...

    makasih sudah berkunjung yaaaa, salam kenal :)

    ReplyDelete

Stop by, and leave your comments! Thankyouuu :*