Skip to main content

Persiapan MPASI Aqeela

Bingung sebenernya apa aja yang mau disiapin menjelang first mealnya Aqeela. Semingguan ini mulai banyak browsing2. Nah, dari hasil browsing diketahui bahwa bayi akan siap untuk dikenalkan dengan MPASI saat usianya udah 6 bulan. Memang seh, bayi yang masih dibawah 1 tahun makanan utamanya adalah ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula (sufor). Tapi udah boleh dikenalkan dengan solid food yang disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI) atau MPSu (Makanan Pendamping Susu).

Aqeela sekarang ini udah 3 bulan 14 hari. Berarti ga nyampe 3 bulan lagi udah MPASI. Wakwaw! Bundanya panik. Antara excited, ga sabar plus bingung n takut salah langkah. Huhuhu. Mesti banyak belajar nih. Apa aja seh yang mesti disiapin menjelang MPASI ini? Trus kenapa ngasih MPASI mesti saat usianya udah 6 bulan? Dan segudang pertanyaan-pertanyaan lain yang nari2 dikepala ini makin bikin panik aja deh. Tererojing Taradung Pret.

Baiklah, pelan-pelan kita cari tau jawabannya yah. Jadi yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Argumen2 dan artikel2 tentang MPASI, supaya bener2 ngerti kenapa mesti mulai MPASI saat usianya udah 6 bulan, makanan apa yang sebaiknya dikenalkan duluan dan sebagainya. Just in case untuk senjata kalo2 ada yang usil nanya2, kenapa begini kenapa begitu, tralala trilili. :DD
2. Harus mulai nyicil peralatan untuk nyiapin MPASI neh. Niatnya seh pengen barang2 yang bener2 bermanfaat dan kalo bisa ga over budget deh. Jadi barangnya murah, bagus dam bermannfaat, supaya ga ada yang mubazir *dalam rangka berhemat*.
3. Rajin2 ngintip dan browsing2 menu MPASI. Mulai dari menu untuk bayi 6 bulan, 7 bulan sampe 12 bulan.

Sejauh ini, aku bersyukur banget sama yang namanya teknologi. Tertolong banget sama yang namanya twitter, blog, dan milis. Udah gabung juga di milis MPASI rumahan juga. Alhamdulillah banget, dari yang ga tau apa2, sedikit2 mulai tau aturan2 yang boleh dan ga boleh untuk MPASI bayiku nanti. Makasih untuk emak2 yang udah mau bagi2 ilmunya. Mmmuuuaaacccchh.

Yang pertama harus difahami dalam berMPASI ini antara lain alasan kenapa waktu yang paling pas untuk ngasih MPASI itu harus disaat usia bayi udah 6 bulan, antara lain :

1. ASI adalah satu-satunya makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh bayi hingga ia berusia enam bulan
Riset medis mengatakan bahwa ASI eksklusif membuat bayi berkembang dengan baik pada 6 bulan pertama bahkan pada usia lebih dari 6 bulan. Organisasi Kesehatan Dunia – WHO mengatakan: “ASI adalah suatu cara yang tidak tertandingi oleh apapun dalam menyediakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi… Evaluasi pada bukti-bukti yang telah ada menunjukkan bahwa pada tingkat populasi dasar, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan adalah cara yang paling optimal dalam pemberian makan kepada bayi.

2. Menunda pemberian makanan padat memberikan perlindungan yang lebih baik pada bayi terhadap berbagai penyakit.
Meskipun bayi terus menerima imunitas melalui ASI selama mereka terus disusui, kekebalan paling besar diterima bayi saat dia diberikan ASI eksklusif. ASI memiliki kandungan 50+ faktor imunitas yang sudah dikenal, dan mungkin lebih banyak lagi yang masih tidak diketahui. Satu studi memperlihatkan bayi yang diberikan ASI eksklusif selama 4 bulan+ mengalami infeksi telinga 40% lebih sedikit daripada bayi yang diberi ASI ditambah makanan tambahan lain.

3. Menunda pemberian makanan padat memberikan kesempatan pada sistem pencernaan bayi untuk berkembang menjadi lebih matang
Biasanya bayi siap untuk makan makanan padat, baik secara pertumbuhan maupun secara psikologis, pada usia 6 – 9 bulan. Bila makanan padat sudah mulai diberikan sebelum sistem pencernaan bayi siap untuk menerimanya, maka makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik dan dapat menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan (gangguan pencernaan, timbulnya gas, konstipasi dll). Tubuh bayi belum memiliki protein pencernaan yang lengkap. Asam lambung dan pepsin dibuang pada saat kelahiran dan baru dalam 3 sampai 4 bulan terakhir jumlahnya meningkat mendekati jumlah untuk orang dewasa. Amilase, enzim yang diproduksi oleh pankreas belum mencapai jumlah yang cukup untuk mencernakan makanan kasar sampai usia sekitar 6 bulan. Dan enzim pencerna karbohidrat seperti maltase, isomaltase dan sukrase belum mencapai level oranga dewasa sebelum 7 bulan. Bayi juga memiliki jumlah lipase dan bile salts dalam jumlah yang sedikit, sehingga pencernaan lemak belum mencapai level orang dewasa sebelum usia 6-9 bulan.

4. Menunda pemberian makanan padat mengurangi resiko alergi makanan.

5. Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari anemia karena kekurangan zat besi.
Pengenalan suplemen zat besi dan makanan yang mengandung zat besi, terutama pada usia enam bulan pertama, mengurangi efisiensi penyerapan zat besi pada bayi. Bayi yang sehat dan lahir cukup bulan yang diberi ASI eksklusif selama 6-9 bulan menunjukkan kecukupan kandungan hemoglobin dan zat besi yang normal.

6. Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari resiko terjadinya obesitas di masa datang.

7. Menunda pemberian makanan padat membantu para ibu untuk mejaga kesediaan ASI mereka.

8. Menunda makanan padat membantu memberi jarak pada kelahiran bayi.


9. Menunda pemberian makanan padat membuat pemberiannya menjadi lebih mudah.

Lumayan jelas kan ya, jadi kalo ada yang sok2 mempertanyakan alasannya kenapa begini kenapa begitu, hayooook lah dilawan pake alesan2 diatas itu. CMIIW ya. Yuuuk mariii :D Langkah pertama mengkhatamkan ini dulu lah ya. Langkah selanjutnya, yuk browsing peralatannya. Woooo-hooooo. Semangattt :)

Comments

  1. semoga sukses ya MPASI nyaa
    dan Aqeela lahap

    ReplyDelete
  2. Dija suka makan Tante..
    nanti adik Aqeela makan sama sama Dija yaaa

    ReplyDelete
  3. kalo makan rendang, kapan bisanya? :-D

    ReplyDelete
  4. tante Elsa : makasih tante :)

    kak Dija :wah kak Dija pinter ya, suka makan. Semoga nanti Qee juga pinter maknnya. Aamien.Iya, nanti kalo Dija sama tante Elsa ke Medan, Dija sama Qee makan sama2 yaaa:)

    beni : sekarangpun udah bisa ben, yang makan Bundanya tapi :p

    ReplyDelete
  5. jd sebaiknya bayi dikasih MP-ASInya umur brp yah?? skrg anak saya 6bln 2hari...

    ReplyDelete
  6. udah bisa mulai dikenalin makanan pendamping asinya tuh mas Angga :)
    tapi asi tetep yang paling utama, jadi kalopun anaknya masih ogah2an makannya gapapa jangan dipaksa, asal konsumsi asinya tetep banyak. cmiiw yaaa :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Stop by, and leave your comments! Thankyouuu :*

Popular posts from this blog

Puree Pepaya Alpukat

Kerjaan lagi gonjang ganjing karena jaringan kantor bapuk. Kadang koneksi cepet tapi kebanyakan disconnectnya *note : ini posting dipublish waktu koneksi lagi waras*. Daripada manyun, bongkar2lah folder di komputer. Tadaaaaaaa, ada foto puree Aqeela jaman masih < 1 tahun.
Ini dia, Puree Pepaya Alpukat

Cara Membuat :
Siapkan pepaya dan alpukat yang sudah matang, haluskan. Bisa pake baby food maker sebangsa pigeon ato munchkin atau tommee tippee. AKu seh lebih suka menghaluskannya pake sendok ajah atau pake ulekan kayu yang aku beli khusus untuk makanan Aqeela.lebih praktis dan ekonomis. Hehehe. *melirik sedih ke pigeon home baby food maker yang kebanyakan nganggur*. Haluskan secara terpisah atau satu2 aja, nanti di mangkuk baru campur. Waktu mau dikasihkan ke baby, boleh dicampur asip, supaya rasanya lebih ajiiiibbb. Babypun makannya lahaaappp..happp..happ.. :DD
Duluuu, sebelum setahun Aqeela favorit banget makan puree ini, tapi entah kenapa ga ada ujung pangkalnya eh tiba2 mulutny…

Assyifa's Born Day

Kelahiran Assyifa itu udah ditungguin sejak masih kerja dan hamil masih itungan 32 minggu. Padahal, dari awal sudah tau kalo HPL-nya itu tanggal 27 Maret 2013. Tapi tetep aja ngarep melahirkannya cepet dan maju dari prediksi. Alhasil ambil cuti mulai tanggal 15 Februari terus cusss mudik ke Palembang lanjut Baturaja.
Satu bulan nunggu tanda-tanda melahirkan di  Baturaja, yang ditunggu adem ayem aja. Cuma ngasih mules-mules dikit, kontraksi palsu berulang-ulang plus ga nyenyak tidur sepanjang malam. Ya tapi gitu doang, ga berlanjut ke kontraksi serius dan tanda awal melahirkan, entah itu flek atau mules berkepanjangan. Begitu terus setiap hari sampe rasanya ga sabaaaaarrrr banget secara perut udah kayak bola basket dan makin hari makin berat. Semua yang kata orang bisa mempercepat dan memperlancar proses persalinan udah aku laksanain. Mulai dari jalan pagi, banyak-banyak nungging, banyak gerak sampe joged-joged alaypun. Tapi ya namanya juga belom waktunya, adek bayi yaaa slow aja di d…

Shopping Perlengkapan Baby Arrazaq, Session 1

Ga bisa dibilang pertama-pertama banget seh, soalnya aku kan udah colongan belanja online. Tapi yang beneran sampe rada2 kalap ya belanja yang ini, padahal barang yang dibeli ga banyak2 amat, cuma 2 kantong.. :D:D Oia, thanks to bunda Aghnan, aku banyak nyontek list belanjaan dari blognya.

Tujuan belanja kali ini ke New Salim Shop, di Jalan Thamrin no 2B (Simpang Sena) Medan, telepon 061-4536410. Ini toko rekomendasi dari mama Suhayla, ga pake survei harga lagi begitu nyampe tempat, liat2 baju2 sama popok. Langsung tancap deh belanjanya.

Awalnya seh cuma mau beli perlengkapan yang mau dibawa untuk persiapan kerumah sakit aja. Eh, malah keterusan. Lucu2 seh ya, ga bisa nahan deh. Nah, barang2 yang berhasil diamankan diantaranya :

•Popok Fluffy Liris, 4 pcs @ 8K IDR
•Popok Tali Panda Awan Ichigo, 1 pcs @ 13K IDR
•Popok Tali Hippo Ichigo, 5 pcs @ 13K IDR
•Popok Lem Ichigo, 2 pcs @ 10K IDR
•Gurita Bayi, 6 pcs @ 4K IDR
•Bedong Tetra 1 pcs, @ 22K IDR
•Bedong Cotton 1 pcs, @ 17K IDR
•Bedong Dacron 1 p…