Tuesday 14 December 2010

Persiapan MPASI Aqeela

Bingung sebenernya apa aja yang mau disiapin menjelang first mealnya Aqeela. Semingguan ini mulai banyak browsing2. Nah, dari hasil browsing diketahui bahwa bayi akan siap untuk dikenalkan dengan MPASI saat usianya udah 6 bulan. Memang seh, bayi yang masih dibawah 1 tahun makanan utamanya adalah ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula (sufor). Tapi udah boleh dikenalkan dengan solid food yang disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI) atau MPSu (Makanan Pendamping Susu).

Aqeela sekarang ini udah 3 bulan 14 hari. Berarti ga nyampe 3 bulan lagi udah MPASI. Wakwaw! Bundanya panik. Antara excited, ga sabar plus bingung n takut salah langkah. Huhuhu. Mesti banyak belajar nih. Apa aja seh yang mesti disiapin menjelang MPASI ini? Trus kenapa ngasih MPASI mesti saat usianya udah 6 bulan? Dan segudang pertanyaan-pertanyaan lain yang nari2 dikepala ini makin bikin panik aja deh. Tererojing Taradung Pret.

Baiklah, pelan-pelan kita cari tau jawabannya yah. Jadi yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Argumen2 dan artikel2 tentang MPASI, supaya bener2 ngerti kenapa mesti mulai MPASI saat usianya udah 6 bulan, makanan apa yang sebaiknya dikenalkan duluan dan sebagainya. Just in case untuk senjata kalo2 ada yang usil nanya2, kenapa begini kenapa begitu, tralala trilili. :DD
2. Harus mulai nyicil peralatan untuk nyiapin MPASI neh. Niatnya seh pengen barang2 yang bener2 bermanfaat dan kalo bisa ga over budget deh. Jadi barangnya murah, bagus dam bermannfaat, supaya ga ada yang mubazir *dalam rangka berhemat*.
3. Rajin2 ngintip dan browsing2 menu MPASI. Mulai dari menu untuk bayi 6 bulan, 7 bulan sampe 12 bulan.

Sejauh ini, aku bersyukur banget sama yang namanya teknologi. Tertolong banget sama yang namanya twitter, blog, dan milis. Udah gabung juga di milis MPASI rumahan juga. Alhamdulillah banget, dari yang ga tau apa2, sedikit2 mulai tau aturan2 yang boleh dan ga boleh untuk MPASI bayiku nanti. Makasih untuk emak2 yang udah mau bagi2 ilmunya. Mmmuuuaaacccchh.

Yang pertama harus difahami dalam berMPASI ini antara lain alasan kenapa waktu yang paling pas untuk ngasih MPASI itu harus disaat usia bayi udah 6 bulan, antara lain :

1. ASI adalah satu-satunya makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh bayi hingga ia berusia enam bulan
Riset medis mengatakan bahwa ASI eksklusif membuat bayi berkembang dengan baik pada 6 bulan pertama bahkan pada usia lebih dari 6 bulan. Organisasi Kesehatan Dunia – WHO mengatakan: “ASI adalah suatu cara yang tidak tertandingi oleh apapun dalam menyediakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi… Evaluasi pada bukti-bukti yang telah ada menunjukkan bahwa pada tingkat populasi dasar, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan adalah cara yang paling optimal dalam pemberian makan kepada bayi.

2. Menunda pemberian makanan padat memberikan perlindungan yang lebih baik pada bayi terhadap berbagai penyakit.
Meskipun bayi terus menerima imunitas melalui ASI selama mereka terus disusui, kekebalan paling besar diterima bayi saat dia diberikan ASI eksklusif. ASI memiliki kandungan 50+ faktor imunitas yang sudah dikenal, dan mungkin lebih banyak lagi yang masih tidak diketahui. Satu studi memperlihatkan bayi yang diberikan ASI eksklusif selama 4 bulan+ mengalami infeksi telinga 40% lebih sedikit daripada bayi yang diberi ASI ditambah makanan tambahan lain.

3. Menunda pemberian makanan padat memberikan kesempatan pada sistem pencernaan bayi untuk berkembang menjadi lebih matang
Biasanya bayi siap untuk makan makanan padat, baik secara pertumbuhan maupun secara psikologis, pada usia 6 – 9 bulan. Bila makanan padat sudah mulai diberikan sebelum sistem pencernaan bayi siap untuk menerimanya, maka makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik dan dapat menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan (gangguan pencernaan, timbulnya gas, konstipasi dll). Tubuh bayi belum memiliki protein pencernaan yang lengkap. Asam lambung dan pepsin dibuang pada saat kelahiran dan baru dalam 3 sampai 4 bulan terakhir jumlahnya meningkat mendekati jumlah untuk orang dewasa. Amilase, enzim yang diproduksi oleh pankreas belum mencapai jumlah yang cukup untuk mencernakan makanan kasar sampai usia sekitar 6 bulan. Dan enzim pencerna karbohidrat seperti maltase, isomaltase dan sukrase belum mencapai level oranga dewasa sebelum 7 bulan. Bayi juga memiliki jumlah lipase dan bile salts dalam jumlah yang sedikit, sehingga pencernaan lemak belum mencapai level orang dewasa sebelum usia 6-9 bulan.

4. Menunda pemberian makanan padat mengurangi resiko alergi makanan.

5. Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari anemia karena kekurangan zat besi.
Pengenalan suplemen zat besi dan makanan yang mengandung zat besi, terutama pada usia enam bulan pertama, mengurangi efisiensi penyerapan zat besi pada bayi. Bayi yang sehat dan lahir cukup bulan yang diberi ASI eksklusif selama 6-9 bulan menunjukkan kecukupan kandungan hemoglobin dan zat besi yang normal.

6. Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari resiko terjadinya obesitas di masa datang.

7. Menunda pemberian makanan padat membantu para ibu untuk mejaga kesediaan ASI mereka.

8. Menunda makanan padat membantu memberi jarak pada kelahiran bayi.


9. Menunda pemberian makanan padat membuat pemberiannya menjadi lebih mudah.

Lumayan jelas kan ya, jadi kalo ada yang sok2 mempertanyakan alasannya kenapa begini kenapa begitu, hayooook lah dilawan pake alesan2 diatas itu. CMIIW ya. Yuuuk mariii :D Langkah pertama mengkhatamkan ini dulu lah ya. Langkah selanjutnya, yuk browsing peralatannya. Woooo-hooooo. Semangattt :)

6 comments:

  1. semoga sukses ya MPASI nyaa
    dan Aqeela lahap

    ReplyDelete
  2. Dija suka makan Tante..
    nanti adik Aqeela makan sama sama Dija yaaa

    ReplyDelete
  3. kalo makan rendang, kapan bisanya? :-D

    ReplyDelete
  4. tante Elsa : makasih tante :)

    kak Dija :wah kak Dija pinter ya, suka makan. Semoga nanti Qee juga pinter maknnya. Aamien.Iya, nanti kalo Dija sama tante Elsa ke Medan, Dija sama Qee makan sama2 yaaa:)

    beni : sekarangpun udah bisa ben, yang makan Bundanya tapi :p

    ReplyDelete
  5. jd sebaiknya bayi dikasih MP-ASInya umur brp yah?? skrg anak saya 6bln 2hari...

    ReplyDelete
  6. udah bisa mulai dikenalin makanan pendamping asinya tuh mas Angga :)
    tapi asi tetep yang paling utama, jadi kalopun anaknya masih ogah2an makannya gapapa jangan dipaksa, asal konsumsi asinya tetep banyak. cmiiw yaaa :)

    ReplyDelete

Stop by, and leave your comments! Thankyouuu :*

Kemping Asyik di Kampung Cai, Rancaupas

Jadiii, long weekend yang lalu. Kami sekeluarga kemping (lagi) di Kampung Cai Rancaupas. Ini kali kedua kami kemping disini, setelah kuran...